Profile dari Istikomah Mulisari “ASAL LAMPUNG UTARA – KOTA BOEMI”

Berasal dari Lampung Utara tepatnya di Kota Bumi, di UAD mengambil jurusan Psikologi. Pertama melihat dia orangnya pendiem tapi nggak taunya orangnya juga riang gembira.
Wilayah Lampung Utara beribukota di Kotabumi, secara geografis terletak pada 104o40 - 105o08 BT dan antara 4o34 -5o06 LS. Daerah ini berbatasan dengan Kabupaten way Kanan di utara, Kabupaten Lampung tengah di selatan , Kabupaten Tulang Bawang di barat, Kabupaten Lampung Barat di barat. Luas wilayah daerah ini adalah 272.563 Ha. Secara administratif, daerah ini terbagi menjadi 23 Kecamatan dan 231 Kelurahan.
Dilihat dari segi ekonomi, total nilai PDRB menurut harga konstan yang dicapai Kabupaten Lampung Utara pada tahun 2006 sebesar 2.677.559(dalam jutaan rupiah) dengan konstribusi terbesar datang dari sektor pertanian 39,60%, disusul kemudian dari sektor perdagangan, hotel, dan restoran 18,31%, serta dari sektor industri pengolahan 18,31%.
Daerah ini mempunyai potensi yang besar untuk dikembangkan antara lain disektor perkebunan dengan komoditi utama yang dihasilkan berupa tebu, tembakau, kelapa dalam, kelapa hibrida, kelapa sawit, kopi arabika, kopi robusta, cengkeh, kakao, karet dan lada. Komoditas unggulan daerah ini adalah kopi. Aroma dan rasa kopi Lampung memang sudah lama sangat dikenal penikmat kopi di Indonesia bahkan dunia.
Kabupaten Lampung Utara juga memiliki berbagai potensi kepariwisataan diantaranya wisata alam berupa air terjun Curup Gangsa, agro wisata, dan wisata sejarah atau budaya.
Dari hasil pertanian dan perkebunan ini berdampak besar juga terhadap perdagangan. Perdagangan menjadi tumpuan mata pencaharian penduduk setelah pertanian. keberadaan infrastruktur berupa jalan darat yang memadai akan lebih memudahakan para pedagang utuk berinteraksi sehingga memperlancar baik arus barang maupun jasa, daerah ini juga memiliki berbagai sarana dan prasarana pendukung diantaranya sarana pembangkit tenaga listrik, air bersih, gas dan jaringan telekomunikasi.

0 komentar:

Posting Komentar