"Bumi Jawa" Sendratari Ramayana



Dibawakan oleh lebih dari 250 penari di tempat asalnya: Panggung Terbuka Ramayana & Panggung Trimurti.

Kompleks Candi Prambanan - Yogyakarta - Indonesia

Ramayana adalah contoh terbaik dari cerita Jawa yang ceritanya dipahatkan pada dinding Candi Siwa di dalam kompleks peninggalan Candi Prambanan. Versi Ramayana Prambanan agak berbeda dengan cerita asli India-nya, yang mencerminkan adaptasi dengan kebudayaan Jawa selama berabad-abad.

Saat ini, Ramayana disesuaikan untuk seni pertunjukan. Sejak tahun 1960-an, ratusan penari telah menghidupkan cerita relief kuno ke dalam pertunjukan di panggung terbuka Prambanan yang terletak di bagian barat kompleks candi. Pada dasarnya, sebagai drama tari tradisional tanpa dialog yang panjang, Balet atau Sendratari Ramayana - akronim dari drama dan tari - merupakan pementasan yang bagus dengan kepahlawanan, tragedi, roman serta penganiayaan untuk memuaskan para penonton. Semuanya dipentaskan di bawah sinar rembulan dengan latar belakang Candi Roro Jonggrang.

Cerita Ramayana terdiri dari empat episode, dengan satu episode pementasan setiap malam, yang dibawakan dari pukul 07.30 sampai 09.30 malam selama empat malam berturut-turut, setiap bulan dari Mei sampai Oktober. Cerita secara penuh dibawakan di Panggung Trimurti setiap Selasa, Rabu dan Kamis, yang dibawakan oleh lebih dari 50 penari profesional.

0 komentar:

Posting Komentar